Kota Tua Bakal Jadi Ikon Wisata Jakarta

 

Untuk menarik minat wisatawan sekaligus meningkatkan industri pariwisata, Pemprov DKI Jakarta berencana menjadikan kawasan Kota Tua sebagai ikon pariwisata ibu kota. Pemprov DKI juga akan menggendeng BUMN untuk merealisasikan rencana tersebut.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama mengatakan, Pemprov DKI akan mengembalikan lagi citra eksklusif yang menempel pada Kota Tua. Selain BUMN, pemerintah pusat juga akan dilibatkan dalam penataan Kota Tua, seperti Kementerian Keuangan, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Jadi Pak Gubernur sudah kirim surat ke instansi-instansi itu, supaya gabung sama-sama jadikan kawasan Kota Tua sebagai tempat pariwisata yang eksklusif,” ujar Basuki.

Dikatakan Basuki, dengan penataan terhadap kawasan Kota Tua, diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan ke Jakarta. Hal itu tentu akan berdampak pula pada pemasukan pemerintah daerah dari sektor Pariwisata.

“Target pemasukan otomatis banyak. Kalau ada restoran-restoran bagus, turis banyak yang datang,” ucapnya.

Ditambahkan Basuki, setiap kota di dunia juga memiliki kota tua yang tertata dengan baik. Nantinya, setiap wisatawan yang datang ke Jakarta akan dipandu menuju Kota Tua.

“Di luar negeri semua turis pasti langsung diantar ke kota tuanya. Semua negara kan punya kota tua. Jadi nanti kita juga begitu, turis asing di Jakarta bisa langsung dipandu ke Kota Tua,” tandasnya.

Dari: Beritasatu
Penulis: Yudo Dahono

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s