Belajar Kreatif di Carakafest 2012

Festival kreatif mahasiswa yang dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro (Undip), Playon kreatif dan Desain Komunikasi Visula (DKV) Universitas Katolik Soegijapranata tahun ini menyelenggarakan seminar dengan mengangkat tema “The Advertising Tree”.

Acara yang diadakan Sabtu 8 Desember 2012, pada pukul 09.00-17.00 WIB di Ramayana Ballroom Hotel Patrajasa, Semarang ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian Caraka Festival 2012 yang diadakan pada 6-8 Desember 2012.

Dengan mendatangkan 6 pembicara yang terbagi untuk 5 sesi, seminar ini mendapatkan antusias yang lumayan besar dari para mahasiswa. Tema “The Advertising Tree” yang diangkat bertujuan memberi ilmu dalam bidang periklanan secara lebih detail dan mengajak para generasi muda untuk mengekspresikan kreativitas yang seluas-luasnya di media massa.

Dimulai oleh pembicara pertama yaitu Jerry Aurum, seorang fotografer profesional , Jerry memaparkan berbagai tips untuk membuat sebuah portofolio agar terlihat cantik dan menarik perhatian. Ia juga memperlihatkan hasil-hasil portofolio dan buku fotografinya yang mengundang decak kagum. Sesi kedua diisi oleh Muhammad Faisal pendiri dari Youth Laboratory, yang menekankan kreativitas sangat diperlukan dalam berbagai bidang pekerjaan.

Tim dari Suara Merdeka selanjutnya mengisi sesi ketiga. Pada sesi ketiga ini mereka menjelaskan betapa pentingnya media massa dalam kehidupan sehari-hari dan menjelaskan peluang-peluang untuk dapat berkecimpung dalam media massa. Tidak hanya pengetahuan tentang periklanan, motivasi untuk meningkatkan kreativitas juga diberikan dalam sesi keempat seminar. Sesi ini diisi oleh Irwan Ahmett, pendiri dari Ahmett Salina Designer Studio.

Sesi terakhir, para peserta seminar lebih dibukakan lagi pikirannya untuk tidak lagi takut membuat sesuatu yang baru. Ainun Chomsun pendiri dari Akademi Berbagi dan Peter Firmansyah sebagai pemrakarsa brand “Peter Say Denim” , banyak berbagi tentang pengalaman mereka dari awal membentuk karir mereka sampai sekarang menjadi sukses.

“Bermimpilah setinggi bintang, bahkan lebih juga boleh,” ungkap Peter Firmansyah memberi motivasi para peserta seminar.

Serunya para peserta memperebutkan hadiah dari Peter Say Denim melalui kuis juga menambah semarak acara. Pada akhirnya diharapkan agar seminar ini dapat membuka wawasan yang lebih luas dan juga dapat memotivasi para generasi muda untuk lebih kreatif. (Lana Nastiti Mumpuni)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s